Peranan seorang
Administrasi sistem bagi peningkatan kualitas layanan kemahasiswaan universitas
papua.
Jika seseorang yang tetarik atau akan
melanjutkan karirnya dalam bidang administrasi sistem merupakan seseorang yang akan
bekerja untuk mengurus,menjaga, dan juga menjadi orang yang dipercaya untuk
mengoperasikan beberapa sistem komputer yang telah disediakan pada organisasi
yang bersangkutan, profesi atau orang – orang yang bekerja pada bidang ini diberikan
tanggung jawab yang lebih besar untuk mengawasi dan memperbaiki jika terjadi
kesalahan pada fungsi dari sistem yang digunakan, seperti kesalahan pada hardwared
maupun software pada perangkat komputer atau perangkat lainnya, memperbaiki
kesalahan pada jaringan, dan menjaga beberapa komponen yang terkait dengan
segala yang ada didalamnya.
Peranan dari seorang sebagai administrasi
sistem merupakan orang yang ditugaskan untuk menjaga dan memperbaiki serta juga
yang mengoperasikan sistem komputer dan jaringan. Untuk menjadi seorang
administrator maka di haruskan memiliki beberapa skill yang diperlukan seperti untuk
penanganan masalah (troubleshooting) yang
merupakan salah satu skill yang wajib dimiliki oleh seorang administrator dalam
menangani masalah di berbagai bidang jaringan yang menjadi masalah teknis dari
sistem seperti terjadinya pada salah
satu perangkat yang ada didalam sistem komputer atau masalah untuk
mengkoneksikan atau menghubungkan jaringan dan masalah – masalah lainnya, disinilah
peranan atau tugas yang diberikan untuk seorang administrasi sistem atau
administrator maka diberikannya beberapa tanggung jawab seperti harus tetap menjaga
jaringan agar dapat tetap stabil maupun berjalan secara lancar tanpa adanya
hambatan dan masalah. Untuk meningkatkan kualitas dari administrator yang baik
bagi layanan kemahasiswaan dikampus Universitas Papua, menurut pendapat saya
adalah agar tujuan tersebut itu tercapai maka diperlukannya kemampuan (skills)
dan pengetahuan yang diperlukan untuk administrasi sistem juga memerlukan rasa
pertanggung jawaban yang tinggi (responsibility) yang harus diperhatikan
didalam diri seorang administrasi sistem atau administrator, bukan hanya itu
saja tetapi mereka juga memerlukan sifat yang harus menjaga kerahasiaannya (privacy),
sebagai seorang administrator para pekerja harus melindungi dan menjaga informasi
yang bersifat privasi sehingga orang yang ingin mengakses atau mencari
informasi mengenai data tersebut akan dibatasi dan data atau informasi tersebut
hanya akan dapat diakses oleh seseorang yang dipercaya, Dengan demikian mereka
harus bersikap lebih profesional terhadap pekerjaan yang diberikan sebagai
seorang administrasi sistem. Selain itu peningkatan dari pengetahuan beserta
skills secara teknis dalam melakukan pekerjaan yang dilakukan akan sangatlah
baik bagi seorang administrasi sistem dikarenakan mereka akan terus melakukan
pengamatan terhadap berbagai masalah yang pernah di selesaikan atau bahkan
menemukan masalah baru sehingga mereka sudah siap untuk menghadapi permasalahan
tersebut.
Itulah yang merupakan beberapa hal penting yang diperlukan dalam peranan seorang
administrasi sistem untuk meningkatkan kualitas dari layanan, karena pekerjaan ini membutuhkan skills
serta pengetahuan yang juga perlu ditunjang dengan dibekali sikap yang harus profesional
dan rasa pertanggung jawab yang tinggi untuk melakukan tugasnya. Dengan begitu bukan
hanya untuk meningkatkan dari segi kualitas layanan namun peran dari seorang
administasi sistem juga berkualitas untuk memastikan,mengatur dan menangani
permasalahan yang akan terjadi pada jaringan ataupun sistem yang terkendala.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar