- Pengertian dari Administrasi Sistem
Administrasi sendiri terdiri dari dua kata yang berasal dari bahasa latin yakni “Ad” dan “Ministrate”, yang memiliki arti sebagai pemberian sebuah jasa atau bantuan, dapat juga disimpulkan bahwa administrasi merupakan keseluruhan kegiatan atau pekerjaan yang dimulai dengan pengaturan hingga pengurusan segala hal yang akan diperlukan sehingga mencapai tujuan bersama.
- Pengertian Administrasi menurut beberapa para ahli
1. The Liang Gie dan Drs. Sutarto
Administrasi adalah sekumpulan kegiatan terstruktur dari tugas-tugas yang dilakukan dan dikerjakan bersama oleh sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
2. Arthur Grager
Administrasi adalah fungsi komunikasi pelaksanaan dan jasa dari slip organisasi.
3. George Terry
Administrasi adalah pengendalian, pengorganisasian kerja, serta mobilisasi mereka yang menerapkannya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
4. Sondang. P. Siagian
Administrasi adalah keseluruhan proses kerja sama antara dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
5. Parajudi Atmosudirjo
Administrasi adalah pengendalian dan penggerak dari suatu organisasi sedemikian rupa sehingga organisasi itu menjadi hidup dan bergerak menuju tercapainya segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh administrator, yakni kepala organisasi.
6. Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson
Menurut keduanya, pengertian administrasi adalah suatu bagian dari ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan dan di mana pekerjaan tersebut harus dilakukan.
- Pengertian Administrasi Jaringan
Administrasi Jaringan dapat diartikan sebagai pekerjaan yang dilakukan oleh seorang administrator jaringan (orang yang di percayakan dalam tugas tersebut) untuk mengatur jaringan pada perangkat dengan menggunakan jaringan komputer berskala besar ataupun kecil, mengonfigurasi dan memanejeman jaringan yang digunakan.
- Peranan dari Administrasi Jaringan
Ø Memastikan
keamanan jaringan
Ø Mengatur
pengguna
Ø Mengatur
peracadangan data
Ø Troubleshooting
atau penanganan masalah
Ø Updated atau Pemutakhiran
- Skill atau kemapuan yang diperlukan untuk menjadi Administrator
1. Penrealatan dasar jaringan
Pengetahuan dasarnya adalah mengirim dari pengguna ke server. Ini juga meninjau jenis peralatan yang perlu Anda gunakan untuk meningkatkan efisiensi jaringan Anda.
2. IP dan Subnetting
IP dan Subnet belajar tentang efektivitas IP dan apa itu gateway. Ini akan berguna jika Anda ingin bekerja untuk Penyedia Layanan Internet (ISP).
3. Teknologi Peralihan dan Perutean
Untuk menghubungkan beberapa jaringan, routing biasanya dilakukan pada jaringan tersebut, sehingga dapat terhubung dari jaringan manapun yang terhubung. Anda juga dapat mempelajari teknologi VLAN untuk menguasai peralihan. Teknologi Server Server
4. Teknologi Server
Teknologi ini dimaksudkan untuk memberikan layanan tambahan yang dibutuhkan oleh pelanggan. Anda akan berurusan dengan beberapa LDAP, DHCP, DNS, dan server lainnya.
5. Keamanan
Setelah terbentuk server & infrastruktur yang baik, maka yang perlu diperhatikan jua merupakan keamanan berdasarkan server, router, dll.
6. Pemantauan
Pemantauan dilakukan buat mengontrol kualitas jaringan apakah telah berjalan menggunakan semestinya & baik atau belum.
7. Backup
Hal ini tak jarang dilakukan sang network administrator buat mengantisipasi crash atau down server. Pencadangan bisa dilakukan deferensial juga penuh.
- Pendapat Pribadi tentang Administrasi Jaringan
Administrasi jaringan ini
menurut saya merupakan pekerjaan yang termasuk banyak juga minati untuk beberapa
orang karena perkembangan teknologi yang semakin hari semakin meningkat bahkan
mungkin lapangan pekerjaan juga sangat luas ada di berbagai bidang pekerjaan,
tetapi juga jika ada yang meminati harus lah memenuhi syarat yang di tentukan
oleh organisasi yang bersangkutan dan juga memiliki skill yang memadai sehingga
dapat menyelesaikan pekerjaannya sebagai administrator jaringan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar